Bandung, Future Intelligent Cities – Realising The Value of Engineering



Kota Bandung sebagai kota yang selalu dipenuhi wisatawan setiap tahunnya untuk berlibur memang tidak pernah mengecewakan dengan suasana yang diciptakannya. Tapi apakah suasana yang menarik perhatian para wisatawan itu akan tetap ada jika persoalan-persoalan kecil yang terjadi di sekitar kita tidak di perhatikan ? Seperti yang kita tahu, kota Bandung relatif kecil tetapi memiliki penduduk yang banyak sehingga sering menimbulkan permasalahan. Kemacetan lalu lintas, transportasi, dan sampah sering menjadi persoalan di kota Bandung.

Tidak jelasnya struktur perkotaan mengakibatkan sulitnya kota Bandung sebagai inti untuk menanggung aktivitas penduduk sehingga seringkali menimbulkan kemacetan lalu lintas. Di Bandung, jalur yang dilalui kendaraan sudah banyak menggunakan sistem one-way, tetapi tetap saja di jam dan hari tertentu mengalami kemacetan parah. Solusi yang dapat dipertimbangkan salah satunya adalah pemasangan CCTV di jalan raya. Kendaraan yang berhenti sejenak atau parkir di pinggir jalan atau trotor menjadi salah satu penyebab kemacetan jalan raya. Sehingga dengan adanya CCTV lalu lintas, diharapkan dapat mengawasi secara langsung kondisi lalu lintas dengan menegur atau menilang dengan e-tilang kepada pengendara yang melanggar aturan yang tertera. Selain itu, fasilitas angkutan umum yang telah disediakan oleh pemerintah dapat berfungsi dengan baik dan efektif apabila masyarakatnya mau turut ikut serta dalam menyelenggarakan lalu lintas yang disiplin dan aman

Fasilitas transportasi umum seperti bus atau angkot serta transportasi online yang semakin bertambah, terbilang cukup untuk memudahkan masyarakat mengakses kendaraan umum serta menghindari kemacetan lalu lintas. Motor dengan ukuran yang relatif kecil menjadi nilai lebih untuk mempersingkat waktu ketika melewati jalanan di waktu-waktu padat. Tetapi, banyak faktor yang dipertimbangkan orang saat memilih transportasi yakni transportasi umum ataupun transportasi online. Salah satunya adalah biaya. Ketika orang menilai bahwa penggunaan kendaraan pribadi jauh lebih murah dibandingkan kendaraan umum atau online, maka orang-orang akan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dan tidak menyelesaikan permasalahan kemacetan di kota Bandung sehingga faktor ini harus di pertimbangkan lebih dalam lagi. Pemerintah Kota Bandung juga harus lebih fokus dalam penataan dan pemeliharaan lingkungan seperti perbaikan jalan dan infrastruktur lain sebagai penunjang kota Bandung.








Bandung, Future Intelligent Cities – Realising The Value of Engineering



16519046

Comments

Popular Posts